SEJARAH, SOSIOLOGI, ANTROPOLOGI

SEJARAH, SOSIOLOGI, ANTROPOLOGI
BLOG MGMP SEJARAH, SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI SMA Kota Malang
Home » » SILABUS SEJ. KELOMPOK PEMINATAN IIS

SILABUS SEJ. KELOMPOK PEMINATAN IIS

Written By Adi Prawito on Kamis, 15 Agustus 2013 | 08.51

Satuan Pendidikan  : SMA/MA

Mata Pelajaran          : Sejarah
Kelas                         : X
Kompetensi Inti      

1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur

1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.






2.1  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.

2.2  Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya

2.3  Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah







3.1  Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu

3.2  Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan

3.3  Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini


4.1  Menyajikan hasil kajian tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam berbagai bentuk komunikasi.

4.2  Menyajikan hasil telaah tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam berbagai bentuk komunikasi.

4.3  Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini.










Manusia dan Sejarah
·    Manusia hidup dan berkreativitas dalam ruang dan waktu
·    Manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
·    Kehidupan manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu
























Mengamati:
·       Membaca buku teks tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini

Menanya:
·       Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, selalu dalam perubahan, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini.

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan pertanyaan mengenai aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu dalam kesinambungan dan perubahan, serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini, dari sumber tertulis, dan sumber-sumber lainnya yang mendukung.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis informasi yang didapat dari berbagai sumber mengenai keterkaitan antara  aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu dalam kesinambungan dan perubahan, serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini

Mengomunikasikan:
·       Membuat hasil kajian dalam bentuk tulisan mengenai keterkaitan antara aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu, dalam kesinambungan dan perubahan, serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini


Tugas:
Membuat hasil kajian dalam bentuk tulisan tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu dalam kesinambungan dan perubahan, serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai tulisan hasil kajian mengenai aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu dalam kesinambungan dan perubahan, serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis materi  tentang aktivitas manusia yang terbatas dalam ruang dan waktu dalam kesinambungan dan perubahan, serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di masa kini


2 mg x 3 jp





































·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas X.
·   Buku-buku lainnya.
·   Internet  (jika tersedia)























3.4  Menganalisis ilmu sejarah

4.4  Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan.

Sejarah sebagai Ilmu



Mengamati:
·         Membaca buku teks tentang sejarah sebagai ilmu.

Menanya:
·         Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang sejarah sebagai ilmu.

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan pertanyaan mengenai sejarah sebagai ilmu, dari sumber tertulis dan atau internet, serta sumber lainnya.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis informasi dan data yang didapat mengenai sejarah sebagai ilmu.

Mengomunikasikan:
·         Membuat hasil penelaahan dalam bentuk tulisan mengenai sejarah sebagai ilmu.

Tugas:
Membuat hasil penelaahan dalam bentuk tulisan tentang sejarah sebagai ilmu.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:  
Menilai tulisan hasil penelaahan dalam bentuk tulisan tentang sejarah sebagai ilmu.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis   materi tentang sejarah sebagai ilmu.


2 mg x 3 jp


·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas X.
·   Buku-buku  lainnya
·   Media lain yang tersedia

3.5  Menganalisis cara berpikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah.

4.5  Menerapkan cara berfikir sejarah dalam mengkaji peristiwa-peristiwa yang dipelajarinya, dalam berbagai bentuk presentasi.

Berpikir Sejarah
·   Diakronik
·   Sinkronik
·   Kausalita
·   Interpretasi
·   Periodesasi

Mengamati:
·         Membaca buku teks dan sumber lain mengenai berpikir sejarah secara diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya.

Menanya:
·         Menanya melalui kegiatan diskusi untuk memperdalam pemahaman mengenai pengertian berpikir sejarah diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya.

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan data mengenai pengertian berpikir sejarah diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya dari sumber tertulis dan atau internet, serta sumber lainnya.

Mengasosiasikan:
·         Melatih cara berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan menetapkan periodesasi sejarah melalui kajian terhadap beberapa peristiwa sejarah dari sumber seperti buku, jurnal atau sumber lainnya.

Mengomunikasikan:
·         Membuat hasil kajian dalam berbagai bentuk presentasi, mengenai penerapan kemampuan cara berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi dan membuat periodesasi sejarah, menyajikanya dalam berbagai bentuk presentasi.

Tugas:
Membuat hasil kajian dalam berbagai bentuk presentasi  tentang  berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai hasil kajian dalam berbagai bentuk presentasi  tentang  berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan pembuatan periodesasi sejarah

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis   materi tentang berpikir diakronik, sinkronik, kausalita, interpretasi, dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku teks atau sumber lainnya.
.

2 mg x 3 jp

·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas X.
·   Buku-buku  lainnya
·   Media lain yang tersedia

3.6  Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah

4.6  Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.

Sumber Sejarah
·       Pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Mengamati:
·         Membaca buku teks dan sumber lain mengenai pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Menanya:
·         Menanya melalui kegiatan diskusi  untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam berkaitan tentang pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam ilmu sejarah

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan data berdasarkan bacaan atau referensi yang tersedia terkait tentang pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam ilmu sejarah, melalui bacaan dan sumber lain yang mendukung.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis untuk menentukan keterkaitan antara pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Mengomunikasikan:
·         Membuat hasil analisis dalam bentuk tulisan mengenai pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam ilmu sejarah

Tugas:
Membuat  analisis dalam bentuk tulisan  tentang  pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai tulisan hasil analisis tentang  pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah


Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis materi  tentang  pengertian, sifat, jenis,  dan kedudukan sumber dalam  ilmu sejarah


2 mg  x 3 jp


·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas X.
·   Buku-buku  lainnya
·   Media/sumber lain yang tersedia


3.7  Menganalisis keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah

4.7  Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.


Penelitian dan Penulisan Sejarah
·         langkah penelitian sejarah (bertanya, menentukan dan mencari sumber, kritik sumber, validasi informasi, interpretasi, rekonstruksi dan penulisan)

Mengamati:
·         Membaca buku teks tentang langkah-langkah penelitian Sejarah.

Menanya:
·         Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang langkah-langkah penelitian Sejarah.

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan data terkait tentang langkah-langkah penelitian sejarah melalui bacaan dan referensi lain yang tersedia.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis beberapa tulisan dan  referensi mengenai langkah-langkah penelitian sejarah

Mengomunikasikan:
·         Menyajikan laporan hasil penelitian sejarah secara sederhana dalam bentuk tulisan mengenai salah satu peristiwa sejarah baik nasional maupun lokal (dalam bentuk tugas semester)

Tugas:
Membuat tulisan secara sederhana salah satu peristiwa sejarah baik sejarah nasional maupun lokal.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai tulisan peserta didik hasil penelitian sederhana sejarah tentang salah satu peristiwa sejarah baik nasional maupun lokal.

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis   materi  tentang  langkah penelitian sejarah

8 mg x 3 jp


·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas X
·   Buku-buku  lainnya
·   Sumber lain yang tersedia


3.8  Menganalisis keterkaitan perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan modern

4.8  Menyajikan hasil mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan modern dari sumber yang ditentukan guru, dalam berbagai bentuk presentasi.


Historiografi
·    Historiografi tradisional
·    Historiografi kolonial
·    Historiografi modern

Mengamati:
·         Membaca buku teks tentang pengertian historiografi dan persamaan serta perbedaan antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Menanya:
·         Menanya melalui kegiatan diskusi  untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang pengertian historiografi dan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan mengenai pengertian historiografi, ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern, melalui bacaan dan sumber-sumber lain yang mendukung.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis  informasi yang didapat melalui bacaan dan sumber-sumber lainnya dengan melakukan pengelompokan jenis historiografi berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Mengomunikasikan:
·         Menyajikan hasil analisis dalam bentuk tulisan berupa klasifikasi  jenis historiografi berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Tugas:
Membuat klasifikasi jenis historiografi berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai laporan tertulis hasil klasifikasi jenis historiografi   berdasarkan ciri pembeda antara historiografi tradisional, kolonial, dan modern

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan modern


3 mg x 3 jp


·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas X
·   Buku-buku  lainnya
·   Sumber lain yang tersedia


3.9  Menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya

4.9  Menyajikan hasil analisis mengenai keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam berbagai bentuk presentasi.


Manusia Purba Indonesia dan Dunia
·    Manusia purba Indonesia
·    Manusia purba Asia
·    Manusia purba Afrika
·    Manusia purba Eropa

Mengamati:
·         Membaca buku teks tentang  keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya

Menanya:
·         Menanya melalui kegiatan diskusi  untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang keterkaitan manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan mengenai keterkaitan manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, melalui bacaan, gambar-gambar dan fosil-fosil yang ada di museum terdekat.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis  informasi-informasi   yang didapat untuk melakukan pengelompokan jenis-jenis manusia  purba Indonesia dan Dunia ke dalam  kelompok antropologi fisik dan kelompok budaya dan dalam garis waktu

Mengomunikasikan:
·       Menyajikan hasil analisis berbentuk tulisan tentang manusia purba Indonesia dan Dunia dalam garis waktu dan hubungannya dengan manusia modern Asia, Afrika, dan Eropa

Tugas:
Membuat pengelompokan jenis-jenis manusia purba Indonesia dan Dunia secara fisik dan budaya dalam garis waktu

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan

Portofolio: 
Menilai laporan tertulis hasil pengelompokan jenis-jenis manusia purba Indonesia dan Dunia secara fisik dan budaya dalam garis waktu

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya



4 mg x 3 jp


·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas X.
·   Buku-buku  lainnya
·   Media lain yang tersedia

3.10       Menganalisis keterkaitan kehidupan  awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini

4.10       Menarik berbagai kesimpulan dari hasil evaluasi terhadap perkembangan teknologi pada zaman kehidupan praaksara terhadap kehidupan masyarakat masa kini, dalam bentuk tulisan



Kehidupan Manusia Praaksara Indonesia
·    Kehidupan  awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini
·   Hubungan kebudayaan Hoa-bin, Bacson, Dongson dan Sahuynh pada masyarakat awal di Indonesia.

Mengamati:
·       Membaca buku teks atau menyaksikan video dan/atau mengamati situs-situs peninggalan zaman praaksara terdekat mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan di Asia serta  unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Menanya:
·       Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini, melalui bacaan dan sumber-sumber terkait.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini.

Mengomunikasikan:
·         Menyajikan hasil analisis dalam bentuk tulisan berupa kesimpulan mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang sosial, ekonomi, ilmu, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Tugas:
Membuat kesimpulan
mengenai keunggulan kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang kepercayaan, sosial, ekonomi, ilmu, teknologi dan pengaruh kebudayaan di Asia serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai  laporan tertulis berupa kesimpulan mengenai keunggulan dan pencapaian kehidupan manusia Indonesia di zaman praaksara dalam bidang sosial, ekonomi, ilmu, teknologi dan pengaruh dari kebudayaan lain di Asia, serta unsur-unsur yang diwariskannya dalam kehidupan manusia masa kini

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam menganalisis keterkaitan kehidupan awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini

3 mg x 3 jp

·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas X.
·   Buku-buku  lainnya
·   Media lain yang tersedia


3.11       Menganalisis keterkaitan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial

4.11       Menyajikan hasil analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi.




Peradaban Awal Indonesia dan Dunia
·    Kehidupan Awal Indonesia dalam pencapaian  ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan primus inter pares, pertanian dan ukuran
·    Peradaban awal Asia (Cina, Indus, Mesopotamia)  dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
·    Peradaban awal Afrika (Mesir) dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya
·    Peradaban awal Eropa (Yunani, Romawi, Pulau Kreta) dalam pencapaian   ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, dan budaya
·    Peradaban awal Amerika (Inca, Maya, Aztec) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Mengamati:
·         Membaca buku teks mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)  dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Menanya:
·         Menanya melalui kegiatan diskusi untuk klarifikasi dan pengetahuan yang lebih mendalam serta aspek lain yang terdapat di buku teks mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya, melalui  bacaan dan sumber-sumber lain yang terkait.

Mengasosiasikan:
·        Menganalisis informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber lain yang terkait mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Mengomunikasikan:
·       Menyajikan hasil analisis dalam berbagai bentuk presentasi mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika) dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya.
Tugas:
Membuat  laporan presentasi  materi mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)  dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai laporan tertulis berupa presentasi materi mengenai peradaban awal Indonesia dan dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)  dalam pencapaian ilmu, teknologi, kepercayaan, pemerintahan, pertanian, dan budaya

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam  menganalisis perbandingan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial

9 mg x 3 jp
·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas X.
·   Buku-buku lainnya.
·   Media lain yang tersedia




SILABUS
KELOMPOK PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL

Satuan Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas                        : XI
Kompetensi Inti      : 

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.  Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar

1.1  Menghayati nilai-nilai peradaban dunia yang menghargai perbedaan sebagai karunia Tuhan yang Maha Esa.






2.1  Mengembangkan sikap jujur, rasa ingin tahu, tanggungjawab, peduli, santun, cinta damai dalam mempelajari peristiwa sejarah sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.2  Menunjukan sikap cinta tanah air, nilai-nilai rela berkorban dan kerjasama yang dicontohkan para pemimpin pada masa pergerakan nasional, meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.






3.1  Menganalisis sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha untuk menentukan faktor yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa itu dan masa kini.

3.2  Menganalisis sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam untuk menentukan faktor yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia pada itu dan masa kini.

4.1    Menyajikan warisan sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini, dalam bentuk tulisan dan media lain.

4.2   Menyajikan  hasil identifikasi warisan sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam di Indonesia yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini, dalam bentuk tulisan dan media lain.

Kerajaan-Kerajaan Besar Indonesia pada Masa Kekuasaan Hindu-Buddha dan Islam
·       Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
·       Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam di Indonesia yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.


Mengamati:
·       Membaca buku teks tentang sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Menanya:
·       Menanya melalui kegiatan diskusi  untuk mendapatkan klarifikasi dan perluasan bahan analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan data dan informasi  terkait dengan sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan  masyarakat Indonesia pada masa  kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada  kehidupan masyarakat Indonesia masa kini, melalui bacaan dan  sumber lain yang tersedia.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis  informasi dan data  yang didapat dari bacaan dan sumber lain yang terkait mengenai  sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan 
masyarakat Indonesia pada masa  kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada  kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

Mengomunikasikan:
·       Membuat laporan hasil analisis dalam bentuk tulisan dan atau  media lain mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa  kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada  kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

Tugas:
Membuat laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.



4 mg x 4 jp
·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XI
·   Buku-buku  lainnya
·   Sumber lain yang tersedia

3.3  Menganalisis keterkaitan antara pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini.

4.3 Membuat karya tulis tentang pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri yang berpengaruh bagi Indonesia dan dunia.


Peristiwa di Eropa yang Berpengaruh terhadap Kehidupan Umat Manusia
·       Pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini.



Mengamati:
·       Membaca buku teks tentang pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini.

Menanya:
·       Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang pemikiran serta peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini.

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan data dan informasi  terkait dengan pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini, melalui bacaan dan sumber-sumber lainnya yang terkait

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis informasi dan data yang didapat dari bacaan dan sumber lain yang terkait mengenai pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini.

 Mengomunikasikan:
·       Membuat karya tulis mengenai pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini.

Tugas:
Membuat karya tulis tentang pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini.

Observasi :
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai karya tulis peserta didik tentang pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis tentang pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini.


4 mg  x 4 jp


·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XI
·   Buku-buku  lainnya
·   Sumber/ media lain yang tersedia


3.4 Menganalisis keterkaitan antara revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini.

4.4  Menyajikan hasil analisis tentang revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) serta pengaruhnya terhadap kehidupan umat manusia dalam bentuk tulisan dan media lain.

Revolusi Besar Dunia dan Pengaruhnya Terhadap Umat Manusia
·       Revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini.

Mengamati:
·       Membaca buku teks mengenai keterkaitan antara revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini.

Menanya:
·       Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman mengenai keterkaitan antara revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini.

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan data dan informasi mengenai keterkaitan antara revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini, melalui bacaan dan sumber-sumber lainnya yang terkait.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis informasi dan data  yang didapat mengenai keterkaitan antara revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini, melalui bacaan dan sumber-sumber lainnya.

Mengomunikasikan:
·       Membuat laporan dalam bentuk tulisan dan media lain mengenai keterkaitan antara revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini, melalui bacaan dan sumber-sumber lainnya.

Tugas:
Membuat tulisan dan atau media lain mengenai keterkaitan antara revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio: 
Menilai tulisan dan atau media lain mengenai keterkaitan antara revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis keterkaitan antara revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini.

5 mg x 4 jp

·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XI
·   Buku-buku lainnya
·   Gambar Revolusi-revolusi besar dunia


3.5  Menganalisis hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.

4.5  Menyajikan hasil analisis  tentang hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika dalam bentuk  tulisan dan media lain.


Ideologi, Perang Dunia dan Pengaruhnya terhadap Gerakan Kemerdekaan di Asia dan Afrika.
·       Perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.


Mengamati: 
·       Membaca buku teks mengenai hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.

Menanya:
·       Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman mengenai hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan data dan informasi terkait dengan pertanyaan dan materi mengenai hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis informasi dan data yang didapat dari bacaan dan sumber lain yang terkait mengenai hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.

Mengomunikasikan:
·       Membuat laporan dalam bentuk tulisan dan atau media lain mengenai hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.

Tugas:
Membuat tulisan dan atau media lain mengenai hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio: 
Menilai tulisan dan atau media lain mengenai hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.


Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini.


3 mg  x 4 jp

·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XI
·   Buku-buku  lainnya
·   Sumber lain yang tersedia

3.6  Menganalisis pengaruh  PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan  internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional.

4.6 Menyajikan hasil evaluasi  tentang pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan  internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional dalam bentuk tulisan dan media lain.


Perang Dunia dan Kelembagaan Dunia
·       Pengaruh  PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan  internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional.


Mengamati:
·       Membaca buku teks mengenai pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional.

Menanya:
·       Menanya melalui diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman mengenai pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional.

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan informasi mengenai pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional, melalui bacaan serta sumber-sumber lain yang terkait.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis informasi dan data yang didapat dari bacaan dan sumber lain yang terkait untuk menyimpulkan keterkaitan pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional.

Mengomunikasikan:
·       Menyajikan dalam bentuk tulisan dan atau media lain mengenai pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional (LBB, PBB).

Tugas:
Membuat tulisan dan atau media lain mengenai pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai tulisan dan atau media lain mengenai pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional.


5 mg x 4 jp

·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XI
·   Buku-buku  lainnya
·   Sumber/media lain yang tersedia

3.7  Menganalisis pengaruh imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia dalam bidang politik, ekonomi, sosial-budaya, pendidikan dan agama serta perlawanan kerajaan Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme Barat.

3.8  Menganalisis peran Sumpah Pemuda bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa itu dan masa kini.

3.9  Menganalisis kehidupan sosial, ekonomi, budaya, militer dan pendidikan di Indonesia pada zaman pendudukan Jepang.

3.10       Menganalisis akar-akar nasionalisme Indonesia pada masa kelahirannya dan pengaruhnya bagi masa kini.


4.7  Menyajikan hasil evaluasi tentang pengaruh imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia dalam bidang politik, ekonomi, sosial-budaya, pendidikan dan agama serta perlawanan kerajaan Indonesia dalam bentuk tulisan dan media lain.

4.8  Menyajikan hasil evaluasi penerapan semangat Sumpah Pemuda dalam kehidupan generasi muda Indonesia dan dalam kehidupan bernegara bangsa Indonesia masa kini, dalam bentuk tulisan atau media lain.

4.9  Membuat kliping tentang kehidupan sosial, ekonomi, budaya, militer dan pendidikan di Indonesia pada zaman pendudukan Jepang.

4.10 Menyajikan berbagai peristiwa yang menunjukkan akar-akar nasionalisme Indonesia seperti Sarekat Islam, Indische Partij, Budi Utomo, dalam bentuk tulisan dan media lain.
Kebangkitan Heroisme dan Kesadaran Kebangsaan
·       Pengaruh imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia
·       Sumpah Pemuda
·       Pendudukan meliter Jepang di Indonesia.
·       Akar-akar nasionalisme yang terkandung dalam Sarekat Islam, Indische Partij, dan Budi Oetomo,

Mengamati:
·       Membaca buku teks dan mengamati sumber lain mengenai Imperialisme dan Kolonialisme Barat, Sumpah Pemuda, pendudukan militer Jepang dan akar-akar nasionalisme Indonesia.

Menanya:
·       Menanya melalui diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman mengenai Imperialisme dan Kolonialisme Bartat, Sumpah Pemuda, pendudukan militer Jepang dan akar-akar nasionalisme Indonesia.

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan data atau informasi melalui bacaan dan sumber-sumber lain yang terkait mengenai Imperialisme dan Kolonialisme Barat, Sumpah Pemuda, pendudukan militer Jepang dan akar-akar nasionalisme Indonesia.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis dan menyimpulkan pengaruh Imperialisme dan Kolonialisme Barat di Indonesia, peran Sumpah Pemuda bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia, kehidupan sosial, ekonomi, budaya, militer dan pendidikan pada zaman pendudukan Jepang, serta akar-akar nasionalisme Indonesia

Mengomunikasikan:
·       Menyajikan dalam bentuk tulisan dan atau media lain tentang Imperialisme dan Kolonialisme Barat, Sumpah Pemuda, pendudukan militer Jepang dan akar-akar nasionalisme Indonesia.

Tugas:
Membuat tulisan dan atau media lain mengenai Imperialisme dan Kolonialisme Barat, Sumpah Pemuda, pendudukan militer Jepang dan akar-akar nasionalisme Indonesia.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio: 
Menilai tulisan dan atau media lain mengenai Imperialisme dan Kolonialisme Barat, Sumpah Pemuda, pendudukan militer Jepang dan akar-akar nasionalisme Indonesia.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis mengenai Imperialisme dan Kolonialisme Barat, Sumpah Pemuda, pendudukan militer Jepang dan akar-akar nasionalisme Indonesia.

7 mg x 4 jp

·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XI
·   Buku-buku  lainnya
·   Sumber/media lain yang tersedia


3.11       Menganalisis peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.

4.11       Menyajikan gambaran  peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bentuk media visual.



Proklamasi Kemerdekaan sebagai Penegakan Hak Bangsa Indonesia
·       Peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.


Mengamati:
·       Membaca buku  teks dan mengamati sumber lain mengenai peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.

Menanya:
·       Menanya melalui kegiatan diskusi  untuk mendapatkan klarifikasi dan  pendalaman pemahaman mengenai peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.

Mengeksplorasikan:
·       Mengumpulkan data dan informasi melalui bacaan dan  sumber-sumber lain yang terkait mengenai peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.

Mengasosiasikan:
·       Menganalisis dan menyimpulkan mengenai peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.

Mengomunikasikan:
·       Menyajikan dalam  bentuk media gambar peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.

Tugas:
Membuat media gambar  mengenai peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai media gambar karya peserta didik tentang peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis materi peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini.

6 mg x 4 jp



·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XI
·   Buku-buku  lainnya
·   Internet  (jika tersedia)
·   Gambar-gambar peristiwa proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.




SILABUS
KELOMPOK PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL

Satuan Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas                        : XII 
Kompetensi Inti      : 

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar

1.1  Menghayati proses perjuangan mempertahankan kemerdekaaan dan menunjukkan rasa syukur terhadap rahmat dan karunia-Nya







2.1  Menunjukkan sikap empati terhadap para pejuang dan mengamalkan nilai-nilai kejuangan para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.
2.2  Berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran sejarah.
2.3  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerjasama dan proaktif  yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku sejarah dalam berpartisipasi menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara Indonesia







3.1  Mengevaluasi perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global

3.2  Mengevaluasi sejarah organisasi global dan regional diantaranya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA

3.3  Mengevaluasi sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global.

4.1  Membuat kliping tentang perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global.

4.2  Membuat kliping tentang sejarah organisasi global dan regional diantaranya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA.

4.3  Merekonstruksi salah satu peristiwa sejarah kontemporer dunia seperti runtuhnya Pakta Warsawa,  Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global, dalam bentuk tulisan atau media lain.


Dunia pada Masa Perang Dingin dan Perubahan Politik Global
·       Perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global
·       Organisasi global dan regional diantaranya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
·       Sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global.


Mengamati:
·         Membaca buku teks mengenai Perang Dingin, organisasi global - regional dan sejarah kontemporer dunia.

Menanya:
·         Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi, pendalaman dan perluasan pemahaman mengenai Perang Dingin, organisasi global-regional dan sejarah kontemporer dunia.

Mengeksplorasikan:
·         Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan pertanyaan mengenai Perang Dingin, organisasi global-regional dan sejarah kontemporer dunia, melalui bacaan, media dan sumber-sumber lain yang terkait.

Mengasosiasikan:
·         Mengevaluasi untuk mendapatkan kesimpulan tentang Perang Dingin, organisasi global-regional dan sejarah kontemporer dunia, melalui bacaan, media dan sumber-sumber lain yang terkait.

Mengomunikasikan:
·         Membuat kliping tentang Perang Dingin dan organisasi global-regional dan tulisan hasil rekonstruksi tentang sejarah kontemporer dunia.

Tugas:
Membuat kliping tentang Perang Dingin, organisasi global - regional dan tulisan hasil rekonstruksi tentang sejarah kontemporer dunia.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio: 
Menilai kliping karya siswa tentang Perang Dingin dan organisasi global-regional dan tulisan hasil rekonstruksi tentang sejarah kontemporer dunia.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi materi tentang Perang Dingin, organisasi global-regional dan sejarah kontemporer dunia.


10 mg x 4 jp



·      Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
·      Buku-buku lainnya
·      Gambar-gambar tentang kegiatan organisasi regional dan dunia
·      Peta Dunia


3.4  Mengevaluasi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan militer pada awal kemerdekaan sampai dengan tahun 1950.

3.5  Mengevaluasi secara kritis  peristiwa revolusi nasional dan sosial yang terjadi pada awal-awal  kemerdekaan.

3.6  Mengevaluasi secara kritis hubungan kausalitas kebijakan politik dan pemberontakan antara  tahun 1948 – 1965.

4.4  Menyajikan informasi dalam bentuk tulisan tentang kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan militer pada awal kemerdekaan sampai dengan tahun 1950.

4.5  Merekonstruksi peristiwa revolusi nasional dan sosial yang terjadi pada awal-awal kemerdekaan dan menyajikan dalam bentuk tulisan.

4.6  Merekonstruksi hubungan kausalitas secara kritis hubungan antara kebijakan politik dan pemberontakan antara tahun 1948 – 1965, dalam bentuk tulisan.


Perjuangan Mempertahankan Integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia
·       Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan militer pada awal kemerdekaan sampai 1950.
·       Peristiwa revolusi nasional dan sosial yang terjadi pada awal kemerdekaan.
·       Hubungan kausalitas  kebijakan politik dan pemberontakan antara  tahun 1948 – 1965.


Mengamati:
·      Membaca buku teks dan melihat foto serta gambar berkaitan dengan kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan di sekitar tahun 1948-1965.

Menanya:
·      Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalamam pemahaman tentang kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965.

Mengeksplorasikan:
·      Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965, melalui bacaan, media gambar dan sumber-sumber lain yang mendukung.

Mengasosiasikan:
·      Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat untuk mendapatkan rekonstruksi dan tulisan tentang kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965.

Mengomunikasikan:
·      Menyajikan hasil rekonstruksi dalam bentuk tulisan tentang kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965.

Tugas:
Membuat rekonstruksi dalam bentuk tulisan tentang kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
Menilai laporan tertulis hasil rekonstruksi tentang kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi materi tentang kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965.


6 mg x 4 jp












·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
·   Buku-buku lainnya
·   Gambar-gambar  peristiwa PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI/Permesta, G-30-S/PKI
·   Peta Indonesia
·   Media/sumber lain yang tersedia

3.7  Mengevaluasi pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia 

4.7  Merekonstruksi perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin, menyajikan dalam bentuk tulisan.


Indonesia pada Masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
·       Pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap  kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan  bangsa Indonesia 

Mengamati:
·       Membaca buku teks dan melihat foto serta gambar kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia pada zaman Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin.
.
Menanya:
·      Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap  kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia 

Mengeksplorasikan:
·      Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia, melalui bacaan, media gambar dan sumber-sumber lain yang mendukung.
 
Mengasosiasikan:
·      Mengevaluasi informasi dan data yang didapat untuk membuat  rekonstruksi dan tulisan tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap  kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan  bangsa Indonesia 

Mengomunikasikan:
·      Menyajikan hasil rekonstruksi dalam bentuk tulisan tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia 

Tugas:
Membuat rekonstruksi dalam bentuk tulisan  tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap  kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan  bangsa Indonesia 

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio: 
Menilai laporan tertulis  hasil rekonstruksi tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap  kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan  bangsa Indonesia 

Tes:
Menilai kemampuan  peserta didik dalam  mengevaluasi materi  tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap  kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan  bangsa Indonesia 

6 mg x 4 jp


·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
·   Buku-buku lainnya
·   Gambar-gambar  dan foto-foto




3.8  Mengevaluasi  perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi

4.8  Merekonstruksi perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi, menyajikan dalam bentuk tulisan.

Kehidupan Bangsa Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi
·      Perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru.
·      Perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan  pada masa Reformasi


Mengamati:
·      Membaca buku teks dan melihat foto seerta gambar kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.
.
Menanya:
·      Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman mengenai perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.

Mengeksplorasikan:
·      Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan  pada masa Orde Baru dan Reformasi, melalui bacaan, media gambar dan sumber-sumber lainnya yang mendukung.
 
Mengasosiasikan:
·      Mengevaluasi informasi dan data yang didapat untuk membuat rekonstruksi dan tulisan tentang perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.

Mengomunikasikan:
·      Menyajikan hasil rekonstruksi dalam bentuk tulisan tentang perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.

Tugas:
Membuat rekonstruksi dalam bentuk tulisan tentang perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.

Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio: 
Menilai laporan tertulis hasil rekonstruksi tentang perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi materi tentang perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.

6 mg x 4 jp


·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
·   Buku-buku lainnya
·   Gambar-gambar tentang perkembangan politik, ekonomi keuangan, sosial budaya pada masa Orde Baru dan awal Reformasi
·   Peta Indonesia


3.9  Mengevaluasi perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia.

3.10 Mengevaluasi  perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia

4.9  Membuat rekonstruksi sejarah tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia, dalam bentuk tulisan atau media lain.

4.10       Membuat rekonstruksi sejarah tentang perkembangan Revolusi Hijau dan Lingkungan Hidup pada zaman Orde Baru dan Reformasi, dalam bentuk tulisan atau media lain

Indonesia dan Dunia pada Masa Revolusi Teknologi Abad ke 20
·     Perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia.
·     Perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia

Mengamati:
·      Membaca buku teks dan melihat foto serta-gambar tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia.
.
Menanya:
·       Menanya melalui kegiatan diskusi untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman pemahaman tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia.

Mengeksplorasikan:
·      Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia, melalui bacaan, media dan sumber-sumber lain yang mendukung.
 
Mengasosiasikan:
·      Mengevaluasi informasi dan data yang didapat untuk membuat rekonstruksi dan tulisan tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia.

Mengomunikasikan:
·      Menyajikan hasil rekonstruksi dalam bentuk tulisan tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia.
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio: 
Menilai laporan tertulis hasil rekonstruksi tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia.

Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi materi tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia.

Tugas:
Menerapkan cara
berpikir dan prosedur
penelitian sejarah
mengenai perkembangan IPTEK dalam
era globalisasi dan
dampaknya bagi
kehidupan manusia.

4 mg x 4 jp


·   Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
·   Buku-buku lainnya
·   Gambar-gambar  pemanfaatan IPTEK
·   Peta Indonesia dan Dunia




Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

KLIK DI SINI UNTUK MEMILIH :

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. SEJARAH-SOSIOLOGI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger